-->

Kegunaan Unsur - Unsur Golongan IIIA dan IVA

Kegunaan Unsur IIIA dan IVA - Hai semua pada kesempatan kali ini mimin bakal membahas seputar kegunaan unsur IIIA dan IVA. Tidak usah berlama-lama, berikut adalah keguaan dari unsur IIIA dan unsur IVA :

kegunaan unsur iiia dan iva
kegunaan unsur iiia dan iva

Kegunaan Unsur Golongan IIIA

Unsur – unsusr golongan IIA yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari adalah aluminium (Al). aluminium tidak terdapat bebas di alam melainkan bersenyawa dengan unsur lainnya sebagai bentuk mineral yang ada di kerak bumi.

Manfaat unsur – unsur golongan IIA antara lainadalah sebagai berikut :

1. Boron dalam bentuk senyawa digunakan dalam produk bahan perekat , semen, desinfektan , pemadam kebakaran, industri kaca dan pemutih bahan tekstil.

2. Serbuk aluminium digunakan sebagai bahan untuk emnjalankan roket. Campuran Al dan Fe2O3 atau yang disebut dengan termit merupakan abhan yang digunakan dalam mengelas logam. Tawas dan deodoran juga mengandung aluminium. Tawas berfungsi untuk mengendapkan kotoran pada air yang keruh sedangkan deodoran berfungsi sebagai pencegah bau badan.
Salah satu kegunaan aluminium yang paling banyak dimanfaatkan adalah sebagai bahan anti karat. Aluminium resistan terhadap oksidasi oleh udara sehingga banyak digunakan untuk membuat alat – alat kebutuhan rumah tangga, pipa air atau industri botol kaleng minuman.
Aluminium juga merupkan logam yang ringan sehingga banyak dimanfaatkan oleh orang pada industri pembuatan pesawat.
3. Galium digunakan orang untuk membuat termometer yang bisa mengukur suhu yang tinggi dan juga digunakan dalam industri elektronik.

4. Indium digunakan untuk membuat paduan logam 9aloy), fotokonduktor dan industri elektronik.

5. Thalium digunakan sebagai bahan superkonduktor pada suhu tinggi.

Selain bermanfaat, bberapa senyawa yang mengandung unsur golongan IIIA juga memiliki dampak negatif. Misalnya boraks, Na2B4O7.10H2O) yang sering disalahgunakan oleh orang sebagai bahan campuran makanan seperti bakso. Boraks sebenarnya digunakan sebagai bahan pengawet kayu dan bahan solder. 

Aluminium bukuk akan sangat mudah terbakar jika terkena panas, mengeluarkan sinar yang snagat terang, mudah meledak serta merusak kulit jika terkena panasnya. Thalium bersifat toksik sehingga jarang digunakan dlam industri.


Kegunaan Unsur Golongan IVA

Unsur – unsur golongan IV A di alam dapat ditemukan dalam bentuk senyawa, misalnya silikon di alam terdapat di alam sebagai SiO2 didalam pasir, mika ghelenite, akermanite dan cordierite. 

Manfaat unsur – unsur golongan IV A antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Karbon dalam alotrof grafit digunakan sebagai bahan pengisi pensil, elektroda baterai, proses elektrolisis, fiber grafit dan raket tenis. Karbon dalam alotrop intan digunakan sebagai perhiasan, bahan pengasah dan mata bor.
  2. Silikon banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat komponen alat – alat elektronik seperti komputer dan solar sel.
  3. Germanium digunakan sebagai bahan semi konduktor.
  4. Timah digunakan untuk emmbuat kaleng makanan, solder, perunggu (campuran Cu dan Sn) dan pewter (campuran Sn, Cu, Bi dan Sb).
  5. Timbal digunakan sebagai aloy, baterai, amunisi dan pelindungradiasi. Pb(OH)2 digunakan orang dalam industri cat. Timbal termasuk logam berat yang sangat berbahaya bagi keshatan manusi. Dulu, timbal di gunkan untuk emmbuat TEL (tetra etil lead) yang merupakan zat aditif yang ditambahkan pada bensin guna meningkatkan bilangan oktannya.


Tetapi karena unsur timbalnya menguap saat pembakaran bensin selesai dan masuk ke udara, udara menjadi tercemar dan berpotensi terhirup oleh manusia. Timbal dapat meninbulkan penyakit pusing dan gangguan syaraf lainnya.

Senyawa karbon berupa grafit dengan cara sintesis batu batu bara antrasit memalui pemanasan pada suhu tinggi. Karbon juga ada yang bersifat aktif yaitu karbon yang mempunya daya adsorbsi sehingga sering digunakan dalam produk pembersih wajah.


Intan juga diperoleh dengan cara sintesis. Silikon diperoleh dengan cara mereduksi pasir silika atau kuarsa (SiO2). Silikon murni diperoleh dnegan cara mereduksi Na2SiF6 dengan logam natrium.

Timbal diperoleh dengan cara mereduksi timball (II) oksida (PbO) oleh coke. Timbal (II) oksida diperoleh dengan cara memanaskan timbal (II) sulfida. Germainum diperoleh melalui proses reduksi GeO2 dengan H2 atau C. sednagkan timah dibuat melaui reduksi SnO2 dengan karbon.

Nah sekian informasi kegunaan dari unsur – unsur golongan IIA dan IVA. Semoga bermanfaatnya ya dan jangan lupa untuk terus kunjungi blog ini untuk mendapatkan update – update terbaru seputar kimia SMA.