-->

Pengertian Komunikasi adalah?

Komunikasi mengandung pengertian bersama-sama (common). Istilah komunikasi atau communication berasal dari bahasa Latin yaitu communicatio yang berarti “pemberitahuan atau pertukaran”. Kata sifat communis, yang bermakna umum atau bersama. Sederhanya, komunikasi dapat diartikan sebagai proses yang digunakan individu untuk bertukar informasi dari satu pihak kepada pihak lain yang disampaikan menggunakan simbol-simbol (verbal atau noverbal). Salah satu cara untuk memahami komunikasi adalah dengan memahami pengertian komunikasi itu sendiri. Para ilmuwan mendefinisikan komunikasi menurut sudut pandang mereka masing-masing. Hal ini dapat dimengerti karena ilmu komunikasi dikembangkan oleh ilmuwan yang berasal dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda.

Pengertian Komunikasi adalah?

Berikut ini rupa-rupa pengertian komunikasi yang berhasil kami rangkum:
  • Sarah Trenholm dan Arthur Jensen: Communication is a process by which a source transmits a message to a receiver through some channel (Komunikasi adalah suatu proses di mana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui berbagai saluran).
  • Hoveland: Communication is process by which an individual (the communicator) transmits stimuli (usually verbal symbols) to modify, the behavior of other individu (Komunikasi adalah proses dimana individu mentransmisikan stimulus untuk mengubah perilaku individu yang lain).
  • Gode: Communication it is a process that makes common to or several what was the monopoly of one or some (komunikasi adalah suatu proses yang membuat kebersamaan bagi dua atau lebih yang semula monopoli oleh satu atau beberapa orang).
  • Cherry: Communication is essentially the relationship set up bay the transmission of stimuli and the evocation of response.
  • Raymond S. Ross: komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa, sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh sang komunikator.
  • Everett M. Rogers dan Lawrence Kincaid: komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi antara satu sama lain, yang pada gilirannya terjadi saling pengertian yang mendalam.
  • Harold D. Lasswell: Komunikasi itu tentang siapa mengatakan apa, dengan cara apa, kepada siapa, dan apa dampaknya.
  • Bernard Berelson dan Gary A. Steiner: Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasa disebut komunikasi.
  • Shannon dan Weaver: komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak disengaja dan tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.
Selain beberapa pengertian di atas, komunikasi dapat pula kita tinjau sebagai suatu aktivitas simbolis, proses, dan pertukaran makna.

Pengertian komunikasi sebagai aktivitas simbolis adalah kegiatan berkomunikasi menggunakan simbol-simbol bermakna yang diubah ke dalam kata-kata (verbal) untuk ditulis dan diucapkan atau simbol “bukan kata-kata verbal” (nonverbal) untuk “diperagakan”. Simbol komunikasi itu dapat berbentuk tampilan objek, atau tindakan dan aktivitas manusia yang mewakili makna tertentu. Makna di sini berarti pikiran, persepsi, atau perasaan yang dialami seseorang yang dikomunikasikan kepada orang lain. Jadi, pada waktu kita bercakap-cakap dengan seseorang maka kita sebenarnya sedang mengalihkan satu paket simbol kepada orang lain.

Pengertian komunikasi sebagai suatu proses adalah komunikasi merupakan aktivitas yang dinamis, aktivitas yang terus berlangsung secara bersinambung sehingga dia terus mengalami perubahan. Seperti biasa, proses komunikasi terinci dalam rangkaian-rangkaian aktivitas (misalnya dari seorang komunikator, mengirimkan pesan, melalui media, kepada seorang komunikan dengan dampak tertentu) yang berbeda-beda, namun saling berkaitan, bahkan mungkin rangkaian-rangkaian itu diaktifkan secara bertahap dan dapat berubah sepanjang waktu.

Pengertian komunikasi sebagai kegiatan pertukaran makna berarti kegiatan komunikasi memang merupakan kegiatan mengirim dan menerima pesan, namun pada dasarnya pesan itu sendiri sama sekali tidak berpindah, tetapi yang berpindah adalah makna dari pesan tersebut. Para ahli komunikasi sepakat bahwa komunikasi adalah proses “pertukaran makna”, makna tersebut terkandung di dalam setiap orang yang mengirimkan pesan. Jadi, makna tidak hanya sekadar kata-kata verbal atau nonverbal, tetapi makna adalah pesan yang dimaksudkan oleh pengirim dan diharapkan sampai dan akan dimengerti pula oleh si penerima.

Sekian uraian tentang Pengertian Komunikasi Adalah?, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Liliweri, Alo. 2007. Makna budaya dalam komunikasi antarbudaya. Yogyakarta: LKiS.
  • Wiryanto. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.