-->

Pengertian, Ciri, Jenis Frasa

Pengertian, Ciri, Jenis Frasa | Apa itu Frasa? Frasa atau kelompok kata adalah himpunan kata yang membentuk suatu kesatuan serta berfungsi sebagai unsur langsung dari susunan yang lebih besar. Selain itu, frasa juga diartikan sebagai kata atau kelompok kata yang mendukung suatu kesatuan makna. Menurut Ramlan (1987: 151), frasa adalah satuan gramatik yang terdiri atas dua kata atau lebih yang tidak melampaui batas fungsi unsur klausa. Artinya, tidak melebihi batas fungsi sebagai subjek, predikat, objek, pelengkap, atau keterangan.

Sebuah frasa memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Menduduki satu unsur, yaitu subjek, predikat, objek, pelengkap, atau keterangan saja, misalnya, Adik belajar di meja hijau. Gabungan kata di meja hijau pada kalimat tersebut merupakan frasa yang menduduki pola keterangan.
  • Tidak membentuk makna baru, misalnya, Adik belajar di meja hijau. Meja hijau adalah meja yang berwarna hijau (frasa).
Jenis-jenis frasa dapat dibedakan berdasarkan hubungan antarkata pembentukannya, yaitu:
  • Frasa setara (koordinatif/endosentik), yaitu frasa yang sifat hubungan antarkata pembentuknya setara. Contoh: tua muda, suami istri, harta benda, dan meja kursi.
  • Frasa bertingkat (subordinat/eksosentrik), yaitu frasa yang hubungan antarkata pembentuknya bertingkat. Ini berarti di antara pembentuknya ada yang merupakan unsure pusat dan unsur tambahan. Contoh: buku tulis, dokter gigi, jalan raya, sangat aneh.
Sekian uraian tentang Pengertian, Ciri, Jenis Frasa, semoga bermanfaat.