-->

Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer?

Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer? Biosfer berasal dari kata bio (hidup) dan sphere (lapisan). Oleh karena itu, biosfer merupakan lapisan kehidupan (flora dan fauna) yang terdapat di permukaan bumi. Dalam arti lain dapat pula dikemukakan bahwa pengertian biosfer adalah seluruh ruang hidup yang ditempati organisme. Biosfer terbentuk dari adanya interaksi atau persentuhan (intersection) dengan bagian lain dari unsur geosfer yang meliputi hidrosfer, litosfer, dan atmosfer. Secara garis besar, jenis-jenis biosfer dibagi ke dalam tiga biosiklus (siklus makhluk hidup), yang meliputi biosiklus daratan, biosiklus lautan, dan biosiklus air tawar. Karakteristik organisme yang hidup dalam setiap biosiklus di daratan, lautan, dan air tawar berbeda. Organisme tersebut ada yang hanya dapat bertahan hidup di daratan, ada yang hanya bertahan hidup di lautan, dan ada yang hanya dapat hidup di air tawar. Akan tetapi, terdapat juga organisme yang dapat bertahan hidup di dua biosiklus. bahkan dalam tiga biosiklus. 

Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer?
Ilustrasi
Sebagai contoh, ikan sidat dan ikan salem dapat hidup di biosiklus lautan (air asin) dan biosiklus air tawar. Adapun binatang amfibi dapat hidup di tiga biosiklus sekaligus, yaitu daratan, lautan, dan air tawar. Organisme-organisme tersebut tidak dapat hidup sendirian, tetapi membentuk kumpulan-kumpulan sehingga terbentuklah bioma-bioma (biome). Bioma adalah suatu unit organisme yang terdiri atas kumpulan tumbuhan dan hewan (komunitas) yang memiliki persamaan bentuk dan kondisi lingkungan. Setiap organisme tidak dapat hidup pada semua tempat. tetapi memiliki tempat atau lingkungan tertentu sebagai tempat hidupnya. Tempat hidup suatu organisme disebut habitat. Unit wilayah yang menunjukkan keseragaman kondisi habitat di alam disebut biotop.

Sekian uraian tentang Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer? Baca juga: Kenapa ada Orang yang Kaki tak Bisa Diam ketika Duduk?