-->

KELAS XI | MATERI GERAK 2 DIMENSI : Vektor Kecepatan dan Percepatan

Bagaimanakah menentukan vektor kecepatan, besar kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat ? Bagaimanakah menentukan vektor percepatan, besar percepatan rata-rata dan percepatan sesaat ? Apakah hubungan keduanya dengan vektor posisi ? Check it out guys!
vektor percepatan instafisika

Materi ini merupakan sambungan dari materi sebelumnya tentang Vektor posisi dan perpindahan.

5. Vektor Kecepatan

Bila suatu partikel mengalami perubahan kedudukan dalam suatu selang waktu tertentu maka besar perubahan kedudukan dalam selang waktu tesebut disebut kecepatan. Vektor kecepatan juga dapat diuraikan pada sumbu x dan sumbu y.

a. Menentukan kecepatan rata-rata
Kecepatan rata-rata dapat dinyatakan sebagai hasil bagi perpindahan terhadap selang waktu dari perpindahan itu. Dirumuskan dengan :

Contoh :


b. Menentukan Kecepatan Sesaat
Kecepatan sesaat dapat dinyatakan sebagai kecepatan rata-rata untuk selang waktu Δt yang mendekati nol, atau mudahnya adalah turunan pertama dari vektor posisi pada saat waktu tertentu.
Kecepatan sesaat dinyatakan dalam persamaan limit dirumuskan :

Contoh : 



6. Vektor Percepatan

Vektor percepatan merupakan hasi bagi vektor kecepatan pada selang waktu tertentu. Vektor percepatan juga dapat diuraikan pada sumbu x dan sumbu y.

a. Menentukan Percepatan rata - rata
Percepatan rata-rata dapat dinyatakan sebagai hasil bagi perubahan kecepatan terhadap selang waktu dari. Dirumuskan dengan :


b. Menentukan Percepatan Sesaat
Percepatan sesaat didefinisikan sebagai kecepatan rata-rata untuk selang waktu Δt yang mendekati nol, mudahnya percepatan sesaat adalah turunan dari vektor kecepatan atau turunan kedua dari vektor posisi.
Percepatan sesaat dinyatakan dalam persamaan limit dirumuskan :


Contoh :


Materi ini berlanjut pada materi hubungan vektor posisi, vektor kecepatan dan vektor percepatan. keep moving guys!